~~~Selamat Datang Di Situs Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat!!!~~~Usaha Makanan dan Minuman---Usaha Makanan Modal kecil---Usaha Makanan Rumahan dan menguntungkan---Bisnis Makanan 2010---Bisnis makanan Yang menjanjikan---Bisnis dan Usaha Makanan---Bisnis Makanan Minuman Usaha Makanan Minuman~~~Selamat Datang Di Situs Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat!!!~~~

Tips Memulai Usaha Makanan dan Strategi penjualan

Posted by Neng Novie on

Kemampuan untuk membuat makanan yang lezat tidak menjamin sebuah keberhasilan dalam membuat usaha. Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola bisnis anda adalah dua hal yang berbeda.

Jika anda sudah menguasai dalam memproduksi masakan ataupun makanan ringan, maka kini saatnya anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk memulai bisnis anda.

usaha makanan, usaha makanan dan minuman, usaha makanan modal kecil, usaha makanan rumahan, usaha makanan menguntungkan, usaha makanan unik, usaha makanan murah, usaha makanan cepat saji, usaha makanan cemilan

Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik dalam memulai usaha di bidang makanan :

  • Perbaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan anda. Untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan, anda dapat membagi sampel kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksi mereka terhadap produk anda. Setelah itu anda perbaiki agar sesuai dengan keinginan mereka.
  • Untuk makanan yang memiliki segmen, anda harus dapat memperbaharui dari resep, penampilan atau cara penyajiannya.
  • Perlu dipikirkan juga outlet penjualan, apakah anda berencana membuka toko atau bekerjasama dengan pihan lain? Contohnya jika anda memilih untuk membuka usaha pembuatan kue pengantin, anda dapat melakukan kerjasama dengan pihak wedding organizer.
  • Strategi penjualan lainnya adalah anda bisa juga melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda dapat mensuplai masakan setiap harinya untuk dijualkan di kantin tersebut. Untuk hal ini, anda juga harus memperhatikan sistem pengantarannya, karena berkaitan dengan biaya transportasi.
  • Pikirkan teknologi untuk mendampingi produk anda. Apakah produk anda memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya? Apakah perlu membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku? dan lain sebagainya.
  • Namun pada saat awal usaha, sebaiknya anda mengurangi pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana, atau anda bisa lakukan kerjasama dengan orang lain dalam mensuplai kebutuhan bahan baku tersebut.
  • Tujuannya adalah agar anda tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Setelah usaha anda berjalan lancar dan memiliki pelanggan yang tetap, maka anda dapat melakukan pembelian peralatan produksi tersebut.
  • Anda harus memikirkan bahwa produk anda aman dikonsumsi serta mendatangkan profit. Mungkin anda haus menguji produk anda terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten untuk memastikan keamanan produk anda agar tak menjadi masalah di kemudian hari.
  • Jika anda memulai bisnis makanan ringan, dipikirkan juga kemasan yang menarik agar memberikan nilai lebih pada produk buatan anda. Selain itu juga, dapat meningkatkan image produk dari calon pembeli. Kemasan dapat berasal dari jenis plastik ataupun kertas.
  • Yang paling sering menjadi permasalahan dalam menjalankan usaha makanan, adalah ketakutan pada diri sendiri. Pikiran – pikiran apakah produknya laku atau tidak, bagaimana nanti jika ada yang mengeluh, dll. Untuk itu, anda sebaiknya mempersiapkan diri sendiri dan memegang teguh prinsip ” Usaha yang berhasil, hanya dapat dicapai melalui proses yang penuh hambatan “.

{ 10 comments... read them below or add one }

Blog Bisnisku said...

jadi ingat masa lalu di tahun 1997-an....jatuh bangun memulai bisnis makanan kecil (kue basah) akhir harus bangkrut beneran pasca kerusuhan....sedih kalau ingat hal itu.

saungweb said...

Bisnis dibidang kuliner ini meemang sangat mejanjikan ya.. siip n sukses deh buat neng Ayu

Neng Novie said...

#Blog Bisnisku >>>>> Ya ampun Mas semoga Allah ngasih jalan lain ya meskipun saat ini bangkrut, pasca kerusahan 1997 memang banyak membawa korban dan dampaknya juga ke para pengusaha, tetapi tetap semangat ya mas..hehehe

#SaungWeb >>>>> Ya mas Bisnis di bidang makan memang gak pernah habisnys, coz kan ini kbutuhan shari2 manusia yang pengennya makan, makan dan makan mulu..hohoho

Aby Umy said...

makasih sobat tipsnya :)

tomo said...

Bisnis memang sangat diperlukan.
Selain kerja ikut orang lain kita harus membangun bisnis sendiri di rumah.
Itung2 sebagai persiapan phk gan

tomo said...

Bisnis sampingan harus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yg makin meningkat ini

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

orang bilang bisnis usaha makanan memang kombinasi bisnis dengan seni :) makasih sobat postingan menarik ini

Btw, wow... blognya belasan ampe puluhan nih Neng Novi, mantaps. Sukses ya! :D

makasih udah bertandang kemarin ;)

gaelby said...

TRims, tipsnya sgt bermanfaat. Salam sobat, sukses selalu :)

Ria Nugroho said...

aku jg pengen bisnis makanan tp ga dalam waktu dekat ini
mungkin beberapa tahun yang akan datang
thanks ya sharingnya

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
wah blognya banyak banget bingung mau visited yang mana ini aja yach thnxs for come ya..good luck

Post a Comment